Sabtu, 22 Oktober 2016

A12

1.    Jelaskan faktor faktor interaksi sosial!
2.    Jelaskan Ciri ciri interaksi sosial!
3.    Jelskankan bentuk bentuk interaksi sosial!
4.    Apa yag dimaksud dengan proses asosiatif dan disosiatif?
5.    Lengkapi tabel halaman 93!

Jawab;
1.a. Faktor imitasi merupakan proses seseorang mencontoh orang lain atau kelompok. Contohnya, seorang anak perempuan bermain masak-masakan karena melihat ibunya pada saat memasak di dapur. b. Faktor sugesti merupakan pengaruh yang dapat menggerakkan hati orang. Contohnya, seorang pasien  yang akan berobat ke seorang dokter, pasien tersebut akan cepat mengalami penyembuhan salah satunya disebabkan adanya  rasa sugesti pada dokter tersebut. c. Faktor identifikasi merupakan kecenderungan-kec enderungan atau keinginan-keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Contohnya, seorang anak yang mengidolakan pemain bola, sehingga semua tingkah laku idolanya akan dilakukan.
Agar dapat berinteraksi orang harus sekaligus memperhitungkan usia, jenis kelamin, ras, dan penampilan orang lain (penampilan fisiknya, busananya, bentuk tubuhnya, pakaiannya), dan kata-katanya.
Sumber : Kamanto Sunarto (2004)
Wawasan
88 Kelas VII SMP/MTs
d. Faktor simpati merupakan kemampuan untuk merasakan diri seolah-olah dalam keadaan orang lain dan ikut merasakan apa yang dilakukan, dialami, atau diderita orang lain. Contohnya, pada saat ada tetangga kita yang tertimpa musibah, maka kita ikut merasakan kesedihannya dan berusaha membantunya.

2.Jumlah pelakunya lebih dari seorang, biasanya dua atau lebih. 2. Berlangsung secara timbal-balik. 3.  Adanya komunikasi antarpelaku dengan menggunakan simbol-simbol yang disepakati.
89Ilmu Pengetahuan Sosial
4.  Adanya suatu tujuan tertentu

3. a. Proses-Proses yang Asosiatif Proses ini terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan  interaksi sosial yang  mengarah kepada kesatuan pandangan. tiga bentuk yaitu kerja sama, akomodasi, dan asimilasi
b. Proses-Proses yang Disosiatif Proses ini terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan  interaksi sosial yang  mengarah  pada konflik dan merenggangkan solidaritas kelompok. Proses ini terdiri atas tiga bentuk yaitu kompetisi, kontravensi, dan pertentangan.

4. a. Proses-Proses yang Asosiatif Proses ini terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan  interaksi sosial yang  mengarah kepada kesatuan pandangan
b. Proses-Proses yang Disosiatif Proses ini terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan  interaksi sosial yang  mengarah  pada konflik dan merenggangkan solidaritas kelompok.

No     Bentuk interaksi     Contoh
1    kerjasama    Kerjasama membangun jalan,masjid,dll
2    Akomodasi     Penyelesaian yang bersengketa melalui pihak ketiga
3    Asimilasi     Warga dari negara tetangga yang sudah lama di indonesia, akhirnya bisa berbahasa indonesia
4    kompetisi    Pertandingan suatu bidang. Contohnya olahraga,seni,sains,dmb
5    Kontravensi    OSIS mempunyai suatu rencana tetapi kita tdk menyetujuinya, dan akhirnya kita melarikan diri
6    Pertentangan     Perbedaan kebudayaan yg dapat membuat tawuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar